Tips Kesehatan Ibu Hamil

Tips Seputar Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin

Tips Mengobati Sakit Punggung Selama Kehamilan

Cara Alami Cepat Hamil kali ini akan membahas mengenai keluhuan ibu hami yaitu sakit punggung, baca saja tipsnya dibawah ini seperti yang di lansir dari site bidanku.com. Tips Mengobati Sakit Punggung Selama Kehamilan -  Sakit punggung selama kehamilan bukanlah hal yang mengejutkan, namun harus tetap mendapat perhatian. Anda bisa mempertimbangkan tujuh cara berikut untuk mengobati sakit punggung selama kehamilan – mulai dari melakukan aktivitas fisik dan sikap badan yang baik sampai terapi-terapi pelengkap.

Sakit punggung selama kehamilan bukanlah hal yang mengherankan karena ini merupakan keluhan yang biasa terjadi. Ketika Anda hamil, Anda akan mengalami kenaikan berat badan dan hormon tubuh Anda mengendurkan otot-otot serta ligamen di seluruh bagian tubuh. Namun Anda tidak perlu khawatir karena umumnya, sakit punggung selama kehamilan ini bisa dicegah bahkan diobati. Anda bisa mempertimbangkan 7 cara berikut untuk menyembuhkan sakit punggung Anda.

1. Berlatih sikap tubuh yang baik
Mengingat bahwa bayi yang Anda kandung akan terus berkembang setiap harinya, gravitasi tubuh Anda akan berpindah ke depan. Untuk mencegah Anda jatuh karena beban ini, Anda bisa mencari sandaran untuk punggung Anda. Berikut prinsip-prinsip sikap tubuh yang baik:
•    Berdiri dengan tegak.
•    Tarik dagu Anda tinggi-tinggi.
•    Pastikan pundak Anda bersandar ke belakang dan rileks.
•    Jangan mengatupkan lutut Anda.

Ketika Anda berdiri, tentukan posisi berdiri yang paling nyaman. Ketika Anda harus berdiri untuk waktu yang lama, istirahatkan salah satu kaki Anda di bangku kecil yang rendah – dan istirahatlah untuk beberapa saat.

Sikap tubuh yang baik juga berarti duduk dengan kehati-hatian. Pilih kursi yang dapat menyokong punggung Anda, atau tempatkan sebuah bantal kecil di belakang punggung bawah Anda. Jaga punggung atas dan leher Anda dalam kondisi lurus yang nyaman. Anda bisa mempertimbangkan untuk menyangga kaki Anda pada bangku yang rendah.

2. Gunakan pakaian yang tepat
Gunakan sepatu hak rendah yang didukung dengan lengkungan yang baik. Gunakan celana khusus dan juga baju untuk ibu hamil dengan ikat pinggang yang rendah dan suportif. Anda juga menggunakan sabuk yang dikhususkan untuk ibu hamil. Meskipun riset tentang efektivitas sabuk tersebut terbatas, beberapa wanita hamil menyatakan bahwa penyokong tambahan tersebut sangat menolong.

3. Mengangkat benda dengan posisi yang tepat
Ketika hendak mengangkat benda yang kecil, berjongkoklah lalu angkat menggunakan kaki Anda. Jangan menekuknya di bagian pinggang atau angkat dengan punggung Anda. Penting pula bagi Anda untuk tahu batas kesanggupan Anda. Jika Anda rasa tidak sanggup, Anda bisa mencari bantuan.

4. Tidur menyamping
Anda sebaiknya tidur menyamping, jangan tidur dengan punggung Anda. Pastikan salah satu atau kedua lutut tertekuk. Menempatkan satu bantal diantara lutut Anda atau bagian tubuh lain di bawah perut juga dapat membantu posisi tidur Anda, atau gunakan bantal yag seukuran tubuh.

5. Cobalah sesuatu yang panas, dingin, atau pijat
Gunakan bantalan panas untuk memberikan kehangatan di punggung  Anda, atau ganti kotak es Anda dengan sesuatu yang panas. Menggosok punggung Anda juga dapat membantu. Namun alangkah lebih baik jika Anda meminta orang lain yang menggosok punggung Anda atau Anda bisa menjadwalkan untuk pijat sebelum melahirkan.

6. Libatkan kegiatan fisik dalam rutinitas sehari-hari
Aktivitas fisik yang reguler dan menjaga punggung Anda tetap kuat dan bisa menyembuhkan sakit punggung selama kehamilan. Dengan persetujuan dari dokter, coba lakukan aktivitas yang ringan atau olahraga kehamilan– seperti berjalan atau berenang.

Anda juga bisa merenggangkan punggung bawah Anda. Istirahatkan tangan dan lutut Anda dengan kepala sejajar dengan punggung Anda. Tarik perut, putar punggung Anda perlahan-lahan. Tahan beberapa detik, kemudian rilekskan perut dan punggung Anda – pastikan punggung Anda agar tetap sedatar mungkin. Ulangi berturut-turut sebanyak 10 kali. Tanyakanlah pada dokter tentang olahraga peregangan.

7. Pertimbangkan terapi-terapi pelengkap
Hasil dari beberapa riset menyarankan bahwa akupuntur dapat membantu menghilangkan sakit punggung selama kehamilan. Pengobatan chicopractic dapat menyediakan kenyamanan bagi beberapa wanita. Jika Anda mempertimbangkan terapi-terapi pelengkap, diskusikan pilihan-pilihan yang tersedia terlebih dahulu dengan dokter karena sakit punggung yang anda derita bisa saja disebabkan oleh faktor lain.
Mengetahui kapan waktu untuk berkonsultasi

Meskipun hal yang biasa, sakit punggung selama kehamilan bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan. Konsultasikan dengan dokter jika sakit punggung Anda tidak berkurang setelah mencoba cara-cara di atas. Pemberian obat seperti acetaminophen (Tylenol, dll) mungkin tidak terlalu diperlukan, namun yang penting, periksakan kondisi anda terlebih dahulu padanya.

Selain itu, anda harus tahu bahwa sakit punggung dapat menjadi pertanda sebelum melahirkan – dan sakit punggung yang hebat atau sakit punggung yang disertai pendarahan vagina dapat mengindikasikan adanya masalah pokok yang membutuhkan perhatian yang cepat. Jika Anda peduli terhadap sakit punggung selama kehamilan, segera hubungi dokter.

Itulah Tips Mengobati Sakit Punggung Selama Kehamilan, semoga bermanfaat bagi para ibu yang sedang hamil setelah membacanya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips Hamil dengan judul Tips Mengobati Sakit Punggung Selama Kehamilan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sehathamil.blogspot.com/2013/04/tips-mengobati-sakit-punggung-selama.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Admin -

Belum ada komentar untuk "Tips Mengobati Sakit Punggung Selama Kehamilan"

Posting Komentar