Tips Kesehatan Ibu Hamil

Tips Seputar Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin

Posisi Tidur Saat Hamil agar Anda dan Bayi Aman

Posisi Tidur Saat Hamil -

posisi tidur saat hamil, seks teratur agar cepat hamil
Bagi ibu yang sedang hamil kadang kala posisi tidur menjadi masalah tersendiri, walaupun sebenarnaya posisi tidur saat hamil bisa di hadapi dengan aman dan nyaman. Pada kehamilan trimester pertama posisi tidur saat hamil tidak banyak mengalami masalah karena kondisi perut masih belum membesar. Masalah tidur yang di hadapi ibu  hamil muncul pada saat trimester ke dua.

Berikut beberapa tips posisi tidur saat hamil:

Posisi tidur saat hamil dengan tengkurap

Posisi tidur saat hamil seperti ini bisa anda lakukan jika usia kandungan masih muda atau masih dalam jangka waktu trimester pertama. Tetapi akan menjadi persoalan jika usia kandungan mulai menginjak trimester kedua, perut mulai buncit dan payudara sangat sensitif. Bagi ibu hamil sebenarnya tidur dengan posisi ini aman tetapi lebih baik selagi bisa untuk menghindarinya demi ke amanan kandungan.

Posisi tidur saat hamil dengan cara terlentang

Posisi tidur saat hamil dengan terlentang adalah posisi yang baik jika usia kehamilan belum mencapai 4 bulan, tetapi jika usia kandungan telah lebih dari itu maka beban rahim akan di tanggung seluruhnya oleh usus dan tulang belakang. Efek dari posisi tidur dengan terlentang mungkin akan terjadi gangguan pencernaan, sakit wasir dan meningkatkan resiko sakit pinggang. Pada beberapa kasus kehamilan yang telah berusia 6 bulan ke atas sering mengalami pusing saat tidur dengan posisi terlentang. Ini di akibatkan terjadinya penurunan tekanan darah karena proses pembesaran janin.

Posisi tidur saat hamil dengan cara miring

Posisi tidur saat hamil dengan cara miring adalah cara tidur yang paling baik di lakukan oleh ibu hamil sampai saat ini. Dengan posisi tidur dengan cara miring maka kondisi janin tidak akan terganggu dan sang bunda pun tidak merasa kesulitan untuk tidur dengan posisi seperti ini. Rata - rata seorang perempuan lebih banyak tidur dengan posisi miring karena memang sangat nyaman. Perlu ibu-ibu ketahui posisi tidur saat hamil dengan cara miring ke kiri lebih di anjurkan, karena dengan posisi tidur miring ke kiri, si janin akan di beri keuntungan untuk memperoleh suplai nutrisi dan aliran darah yang maksimal. Di sisi lain posisi tidur saat hamil dengan cara miring akan memberikan keuntungan bagi sang bunda karena peredaran darah tidak terhambat oleh rahim, sehingga pembengkakan pada pergelangan kaki dapat di minimalisir.

Posisi tidur saat hamil dengan cara miring ke kanan pun juga baik, oleh karena itu bunda tak harus selalu miring ke kiri saat tidur. Yang menjadi permasalahan adalah jika saat tidur, secara tidak sadar bunda berpindah ke posisi tidur terlentang, jika ini sering terjadi dan dalam waktu yang lama ( anda tidak terbangun ) maka peredaran darah bunda maupun janin akan terganggu. Untuk mengatasinya minta sang suami agar membangunkan anda saat bunda tidur dengan posisi terlentang.

Agar posisi tidur saat hamil dengan cara terlentang anda lebih nyaman, selipkan bantal di sela ke dua kaki anda tepat di lutut sehingga kaki tidak terlalu memaksa untuk tetap di posisinya.

Demikian Bund beberapa tips posisi tidur saat hamil agar bunda dan bayi aman ini, semoga dapat memberi sedikit wawasan baru buat bunda dan selamat menanti datang nya si kecil.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips Hamil dengan judul Posisi Tidur Saat Hamil agar Anda dan Bayi Aman. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sehathamil.blogspot.com/2012/07/posisi-tidur-saat-hamil-agar-anda-dan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Admin -

Belum ada komentar untuk "Posisi Tidur Saat Hamil agar Anda dan Bayi Aman"

Posting Komentar